TEHNIK SAMPLING PENELITIAN KUALITATIF

Dalam peneelitian kualitatif, komponen yang sangat penting salah satunya adalah penilihan dari responden yang akan digunakan dalam penelitian. Seperti halnya dalam penelitian kuantitatif, dalam penelitian kualitatif perlu adanya tehnik sampling. Umumnya peneliti kualitatif sering menggunakan tehnik sampling purposif untuk menentukan responden yang akan digunakan dalam penelitian. Walaupun kita tahu bahwa masih banyak jenis tehnik samping yang dapat digunakan dalam penelitian kualitatif. Adapun tehnik samping yang dapat digunakan dalam penelitian kualitatif addalah sebagai berikut:

  1. Sampling Purposif ( Purposive sampling);peneliti menentukan kriteria mengenai responden mana saja yang dapat dipilih sebagai sampel.  Kriteria yang dimaksud menggambarkan demografi responden, misal dari sisi usia, jenis kelamin, apakah menggunakan suatu produk atau tidak, apakah produk yang dimaksud telah digunakan selama lebih dari beberapa tahun atau tidak
  2. Sampling Purposif Sistematis (Systematic purposive sampling)
  3. Sampling Purposif Stratifikasi (Stratified purposive sampling)
  4. Sampling purposif kuota (Quota purposive sampling)
  5. Snow ball sampling;Teknik sampling dilakukan dengan cara menggunakan informasi sampel pertama untuk mengetahui sampel lainnya yang memenuhi kriteria. Contoh :Seorang peneliti di bidang kedokteran ingin mengetahui perilaku orang-orang yang terjangkit HIV/AIDS. Karena data di rumah sakit bersifat rahasia maka peneliti tidak dapat mengetahui informasi identitas orang yang terjangkit penyakit tersebut. Kemudian dengan menggunakan banyak cara, akhirnya peneliti berhasil menemui 1 orang yang mengidap HIV/AIDS dan pasien tersebut menyatakan bersedia untuk dijadikan responden. Dengan menggunakan informasi dari 1 responden tersebut, maka peneliti meminta informasi rekan seperjuangannya (sama-sama mengidap penyakit) dalam menghadapi penyakit HIV/AIDS untuk dijadikan responden selanjutnya.                       Umumnya penggunaan teknik sampling ini digunakan jika informasi yang diperlukan bersifat sangat rahasia bagi responden. Tipe sampling Snow ball ada 3 yaitu :
  6. Convenience (or opportunistic) sampling;pengambilan sampeldidasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. … Beberapa kasus penelitian yang menggunakan jenis sampel ini, hasilnya ternyata kurang obyektif karena dalam pengambilan sampel, peneliti terkesan “hanya asal ambil”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *